Selasa, 25 Oktober 2016

Perjalanan INVITA ke Yogyakarta

Jadi, pada tanggal 19 sampai 23 Oktober lalu, murid-murid kelas 8 dari SMP Labschool Jakarta bareng-bareng pergi ke Yogyakarta dalam rangka INVITA 2016. Nah, INVITA sendiri itu merupakan singkatan dari “Industry Visit dan Tafakur Alam.”

Sebelum pergi ke Jogja, di kelas sudah dibagi-bagi dalam kelompok dan teman sekamar. Dan kita bisa milih sendiri. Biar nyaman sama masing-masing dan tugas kelompok berjalan dengan baik.

Kemudian, pada tanggal 19, tepatnya hari Rabu, kita semua sudah harus kumpul di Stasiun Gambir sebbelum shalat Maghrib. Tepatnya jam 17.30. tapi… karena di perjalanan yang ngetik ini kena macet, jadinya baru sampe jam 6 sore.
Setelah sampe, saya langsung buru-buru dan masuk ke pIntu Utara. Pas nyampe udah rame banget. Terus saya langsung ngambil boarding pass dan baju kelas yang sebelumnya belom di ambil.

Begitu dapet boarding pass, eh ternyata udah disuruh untuk masuk ke tempat tunggu. Karena belum sempat sholat maghrib, saya langsung buru-buru naruh tas dan koper, lalu pergi ke musholla. Dan sumpah, mushollanya itu ramee banget. Jadi sempit, dan jadi harus bergantian shalatnya.

Setelah kembali, saya bermain-main sebentar dengan temen-temen, kemudian kita dikumpulkan kembali untuk berbaris sesuai kelas, lalu mendengarkan arahan dari guide, dan lalu berdoa berasama-sama sebelum berangkat.

Karena si pengetik di kelas A, kelas kita masuk ke kereta terlebih dulu. Saya sendiri masuk ke gerbong 3 dan duduk di kursi nomor 2B. tapi karena pada pengen duduk bareng temen-temen deketnya, jadinya pada pi ndah. Alhasil, sebagai korban, saya jadinya pindah ke kursi nomor 10B bareng temen saya. Dan sialnya, itu tempat duduk dikelilingi oleh anak-anak cowok. Jadi pasti berisik. Tapi ya sudahlah, terima saja.

Dan ternyata emang bener. Susuah banget tidur di kursi itu. Saya baru bisa tidur tengah malem lewat, terus kebanyun lagi jam 2 pagi. Haduh.

Day 1

Pas udah sampe, kita semua dibangunin untuk nyiapin barang-barangnya masing-masing. Karena koper saya ditaro di depan, saya langsung ngambil karena kalo yang lain udah ngambil bebarengan bakal ribet
Setelah turun, kita udah disambut sama bus-bus yang bakal nganterin kita keliling Jogja. Begitu sampe, jelas lah ya pada ngantuk. Apalagi yang tidurnya kurang. Langsung pada tidur semua. Hahaha (gila ketawanya garing amat)

Kemudian kita nyampe di restoran deket SPBU disana, ada tempat buat mandi. Rasanya emang ga enak mandi disana. Tapi emang begitu. Mau badan bau sepanjang perjalanan? Kan ogah, boii.

Karena saya tidak ingin menceritakan waktu makan yang kurang berkesan, mari kita klanjut ke perjalanan menuju Sabila Farm. Singkat kata, Sabilla Farm itu perkebunan buah naga, tapi juga ada papaya, dan lain-lain yang saya lupa.

Karena tugas kelompok kita itu untuk mendokumentasikan perjalanan INVITA, banyak yang berebutan untuk merekam pemandunya. Saya sebagai juru foto kelompok (lol. Juru foto.) ikut moto-moto perkebunan pake kamera pocket. Udah ribet, Sabilla Farmnya itu panas pula. Bikin ga betah. Tapi Alhamdulillah, disana banyak dijual makanan! Hehehehhehehe. Nikmat tenan.

Setelah dari Sabilla Farm, kita kemudian pergi ke PT. Sritex. tapi, PT. Sritex itu di Solo. Jadi perjalanannya lama. Lumayan, lah. Bisa ngebo dulu.PT. Sritex itu pabrik tekstil yang udah mengekspor pakaian militer yang mereka buat ke Negara- negara NATO. Gila, keren banget, ya? Iyain aja. Iyain.

Setelah mendengar tentang sejarah dan perjalanan PT. Sritex di showroom, kita bisa belanja pakaian di toko milik PT. Sritex. Bajunya mahal-mahal, yow.

Abis dari pabrik, kita langsung pergi makan malem. Dan kerna pengsalaman makan disana yang kurang berkesan, saya tidak akan menceritakannya. Hehe. Setelah makan, kita langsung ke hotel. Nama hotelnya itu Cavinton. Dan, karena kelas saya nyampenya paling akhir, bis kita paling belakang. Nah, pas diliat, liftnya udah rame, dank arena males mnunggu, kita ke lantai 4 (iya kamar anak cewek di lantai empat. Widih.) lewat tangga emergency. Ya, tak apalah. Yang penting cepet nyampe. Sialnya pula, kartu yang dipake buat ngebuka pintu kamar gabisa dipake. Syalaaan.

Karena tadi di luar udah gerah dan keringetan, akhirnya pada mandi bergantian. Saya mandi yang kedua, loh. Hehe. Dan, showernya susuah banget buat dijaddin anget. Tapi overall, hotel dan kamar hotelnya itu enak. Setelah mainin gadget sebentar, aku langsung tidur. Emang, sih udah rada tengah malem, tapi rapopo lah.

Day 2

Katanya, ada morning call jam setengah 5. Tapi, biar siap-siapnya lebih enak, saya dan teman sekamar bangun jam 4. Dan sumpah, pas mandi, rasanya itu dingin, beuh.
Terus, kita pergi sarapan di hotel. Makanannya uenak tenan, mas bro. terus, setelah selesai makan, kita pergi ke bus. Oh iya, saya lupa bilang. Waktu itu hari jumat, tanggal 21. Kita semua pake baju kelas masing-masing.

Kita semua pergi ke Keraton Yogyakarta hari itu. Tapi, kita gak bisa langsung ke keraton pake bus. Jadi, bus diparkirin dulu di tempat parker yang udah banyak ada di Jogja, lalu kita naik shuttle ke depan keraton. Oh, ya. Nama shuttelnya itu Tole. HAHHHAHAHAHA.
Di keraton itu, kita bisa liat-liat isi Keraton. Luas, enak, tapi gerah. Kita bisa liat-liat lukisan di keraton, sejarahnya, dan lain-lain.

Setelah dari Keraton, karena udah waktunya shalat Jumat, kita pergi ke masjid. Selagi menunggu shalat jumat selesai, saya menunggu di bus. Tapi karena gerah, dank arena hape saya dicolong-colong ama temen kelas sebelah, akhirnya saya ngadem di luar aja. Sambil ngobrol bareng temen saya yang anak kelas 8C.

Setelah yang cowok selesai shalat Jumat, gentian anak cewek untuk shalat dzuhur di jamak takdim. Setelah dari masjid, kita pergi ke Desa Batik Giriloyo, untuk sampai disana, kita harus naik kereta kelinci yang lebih mirip odong-odong.

Disana, kita disuruh kumpul dulu buat dengerin arahan dari Guru. Dan, percay apa tidak, di pagernya ada tulisan “EXO” yang ditulis pake tip-x. saya foto, sih. Tapi di hape. Hehe.
Disana, kita juga bisa belajar membatik. Tapi sialnya, celana saya kena malam. Panas banget pas kena. Tapi abis itu ngering, dan kata ibu saya gak bisa dicuci. Ayo kawan, kita menangos bersama.

Setelah dari desa batik, kita pergi ke pantai parangtritis. Iya, Parangtritis yang ada Nyi Roro Kidulnya itu. Hahaha. Disana, saya main air sampe celana saya basah. Saya sama temen saya yang anak kelas 8C juga sempet ngata-ngatain orang pacaran dari kejauhan. Juga nulis-nulis gaje di atas pasir.

Karena celana say abasah, saya ganti celananhya pake rok sekolah. Rasanya ada adem-ademnya gitu. Hahhaha.

Setelah dari pantai, kita pergi ke Malioboro. Tapi, Karena saya males keliling-keliling, saya bareng temn-temen langsung ke Mall Malioboronya aja. Kita pergi ke Gramedia, nyari-nyari buku. Tadinya, saya pengen beli novel, tapi Karen amasih banyak novel nganggur di rumah, saya jadinya malah beli mentos yang gocengan. Iya, beli mentos di gramed. Itu modal apa gak modal?

Setelah itu, kita pergi ke bus. Tapi, Karena ada dua orang yang absennya sebelah saya pake lama, jadinya kita baru berangkat terakhir. Syalan memang.
Terus kita kembali ke hotel, mandi lagi, packing, dan tidur. Hehe.

Day 3, Last Day

Pagi itu, saya bangun dan mandi lebih dulu. Hari ini, kita pake kaos INVITA. Setelah selesai beres-beres, saya langsung membawa turun koper dan menaruhnya di bagasi bus, setelah itu kembali masuk dan ikut breakfast. Seperti breakfast sebelumnya, makanannya ya 11/12. Terus saya liat hashbrown. Saya kira yang kayak di mekdi gitu hashbrownnya. Tapi yang ini terlalu kriuk-kriuk. Jadi kurang suka.

Setelah itu, kita langsung ke bus. Hari ini, kita bakal ke Lava Tour Merapi dan Candi Borobudur. Di Lava Tour, kita bakal wisata keliling merapi naik Jeep. Satu Jeep berlima. Saya bareng temen saya yaitu NIsa, Nia, Dinda, sama Rima. Kalo Nisa sama Nia sekelas, kalo Dinda sama Rima kelas C.

Dan untungnya, kita dapet driver yang nyetirnya kenceng abis. Seru banget, sumpah. Kalo kata temen saya, sih, drivernya itu kaya karakter kartun favorit saya. Hahahahahha.
Disana, kita bisa ke Museum Sisa Hartaku. Yang berisi barag-barang yang jadi hancur pasca meletusnya Gunung Merapi, dan foto-foto kejadian. Lalu, kita bisa ke Batu Alien. Bukan. Itu bukan batu yang dibawa sama Alien.itu batu yang terlempar akibat letusan. Dinamain Batu Alien Karena keliatannya ada muka menghadap ke samping. Walaupun agak maksa, sih. Tapi lucu aja. Jadi saya foto-foto.

Setelah dari Merapi, kita pergi ke Candi Borobudur. Tapi, sebelum itu, kita pergi makan dulu dan shalat dzuhur dijamak takdim. Di Borobudur, kita foto-foto dan merekam penjelasan dari guide. Di Borobudur, saya dan temen saya membuat lagu parody dari lagunya EXO yang Wolf. Pake nama-nama idol Korea yang orang Thailand. Hahaha.

Setelah dari Borobudur, rombongan pergi ke toko bakpia. Karena ibu saya bilang gak usah beli banyak-banyak, jadi saya cuma beli satu kotak yangisinya 12. Mantap bosqu.

Setela dari toko bakpia, kita pergi ke Stasiun Tugu. Tempat kita akan pulang kembali ke Jakarta. Disana, kita bisa shalat Isya dijamak takhir dengan Maghrib. Setelah itu, saya bercanda bersama-sama teman saya sambil menunggu kereta datang. Oh iya, saya beli mentos lagi loh, heheheh.

Itulah perjalanan saya selama di Jogja. Emang sih, kurang berkesan kalo ditulis gini. Sebenrnya masih ada lagi, tapi nanti mlah keterusan dan gak selesai-selesai. Hahahhaa (ayo ketawa, ketawa!)