Jumat, 29 Juli 2016

Pelantikan Pramuka Penggalang SMP Labschool Jakarta



Pada hari Sabtu, 27 Februari 2016, pramuka SMP Labschool jakarta melaksanakan kegiatan pelantikan pramuka penggalang nomor gudep 03.359-03.360. Peserta pelantikan dianjurkan untuk berkumpul di sekolah pada pukul 6 pagi dengan membawa tongkat serta barang-barang yang dibutuhkan untuk pelantikan. Peserta melaksanakan APEL pada pukul 6.30. pada saat APEL, menentukan tronton ang akan ditempati oleh kelompk. jumplah tronton yang dipakai ada 7. Peserta putra menggunakan tronton 1-3, sedangkan peserta putri menggunakan tronton 4-7. Setelah APEL selesai, peserta dipersilahkan untuk pergi menuju tronton yang akan dinaiki kelompok masing-masing. Pelantikan akan dilaksanakan di Studio Alam TVRI, Depok.


Ketika sampai, peserta pergi menuju lapangan tempat pelantikan akan diadakan dan berbaris sesuai kelompok masing-masing. Pesserta dipersilahkan duduk dan minum terlebih dhuluu. Sedangkan ketua kelompok pergi menuju kakak pembina untuk menerima arahan. Setelah menerima arahan, peserta pergi menaruh tas dan mengambil perlengkapan yang akan digunakan selama kegiatan. Yaitu bendera semaphore, buku SKU, alat tulis, dan tali pramuka. Setelah mengambil perlengkapan, peserta duduk membentuk lingkaran Dan mngerjakan soal yang diberikan oleh kakak pembina. Peserta yang sudah selesai memberikan jawabannya kepada kakak pmebina dan membuat barisan. Kelompok yang dipanggil namanya berdoa terlebih dahulu dan berangkat menuju pos yang sudah disediakan.

Pos pertama yang akan didatangi peserta mengetes kemampuan peserta menyebutkan kode kehormatan pramuka. Peserta melapor terlebih dahulu kepada kakak pembina dan nanti akan disuruh menyebutkan Trisatya, Dasadarma, serta pengamalannya di lingkungan sekitar.  Kelompok yang sudah selesai memberikan kertas nilainya dan bisa melanjutkan perjalanan menuju pos selanjutnya.

Pos kedua mengetes kemampuan peserta menggunakan semaphore. Pertama-tama, peerta juga harus melapor telebih dahulu ke kakak pembina. Kemudian, peserta bisa berlatih terlebih dahulu dan kakak pembina akan memberika pertanyaan dan yang bisa menjawab lebih cepat bisa melanjutkan perjalanan lebih dulu dari yang lainnya.

Pos ketiga mengetes kemampuan simpul tali peserta dan menyuruh siswa emmbuat tandu.ketika tandu sudah selesai, anggota kelompok yang paling ringan dinaikkan ke tandu dan pergi ke pos selanjutnya yang ada di kawasan yang sama.

Pos keempat menyuruh anggota yang ditandu untuk diperban bagian tubuhnya yang sudah ditentukan kakak pembina. Kemudian dinikkan ke tandu lagi dan harus melewati rintangan-rintangan seperti melewati tali sambil berjongkok, melewati lingkaran, dan hanya menginjak angka-angka yang diletakkan di tanah.

Lalu pos kelima mengetes kemampuan siswa tentang baris-berbaris. Peseerta harus melaksanakan komando yang diberitahu kakak pembina seperti siap gerak, tegap gerak, istirahat di tempat, hormat kepada pembina, dan lain-lain.

Setelah selesai, peserta bisa memberikan buku SKU ke kakak pembina dan mengerjakan soal kentang kode-kode yang digunakan dalam pramuka. Dan jika sudah selesai, diserahkan kepada kakak pembina dan bisa pergi ke masjid untuk melaksanakan shalat fardhu dzuhur. Tapi karena waktu ashar akan terlewatkan di perjalanan pulang, banyak peserta yang menjamak dzuhur dan ashar. Lalu, ketika selesai shalat, peserta bisa kembali ke lapangan danmenggelar tikar untuk makan makanan yang sudah dibawa dari rumah. Walaupun sudah memebawa bekal, banyak peserta yang masih membeli jajanan di pedagang kaki lima yang berjualan di sekitar kawasan Studio Alam TVRI.

Setelah selsai ISHOMA, peserta disuruh berbaris seuai kelompok dan melakukan latihan untuk pelantikan penggalang. Saatnya untu APEL pelantikan yang sebenarnya. Sebelu itu, peserta diebrikan nomor gudep untk dipasang saat pelantikan nanti. Peserta disuruh untuk mengulang ikrar atau janji pramuka penggalang. Setelah selesai, peserta dibagikan permen serta aqua dan menyaksikan penampilan semapjpore dari juara lomba semaphore yang diadakan beberapa minggu lalu. Setelah selsai, peserta naik ke tronton dan pulang ke rumah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar